E-Commerce dan E-Bussiness

20Okt10

Era digital seperti sekarang benar-benar sangat memudahkan kita dalam melakukan pembelian barang dimanapun. Hanya dengan duduk didepan internet, bayar via rekening lalu hanya tinggal menanti barang datang. Itulah yang kita kenal dengan E-Commerce dan E-Bussiness. Penjelasan singkat tentang E-Commerce dan E-Bussiness sebagai berikut :

E-COMMERCE (Electronic Commerce)

Secara singkat mempunyai arti perdagangan secara elektronik. Lengkapnya E-Commerce adalah perdagangan yang mencakup pembelian,penjualan, pembayaran, layanan dan informasi yang di tampilkan melalui suatu jaringan komputer (Internet) dengan menggunakan media web untuk menampilkan barang-barang yang dijual. Dimana nantinya dapat dilihat oleh calon pembeli.

E-BUSSINESS (Electronic Bussiness)

Berbeda dengan E-Commerce, dalam E-Bussiness bukan hanya menyangkut kegiatan jual beli melainkan berkaitan secara menyeluruh dengan proses  bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing),  manajemen suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik,  penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis.  E-bisnis memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan  dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau  kombinasi di antaranya. Kegiatan jual beli hanyalah menjadi sub bagian dari E-Bussiness ini.

Berikut salah satu contoh E-Commerce Web di sertai pembahasan lengkap dari apa saja yang terdapat dalam sebuah Web E-Commerce :

www.warungnotebook.com

Profil Perusahaan

Warung Notebook ini merupakan salah satu dari banyak bisnis penjualan online notebook yang ada di indonesia. Toko ataupun kantornya terdapat didaerah tangerang. Kurang begitu jelas tentang profil lengkap dari perusahaan ini karena pada web nya pun mereka tidak menampilkan profil perusahaan. Padahal menurut saya itu penting demi meyakinkan calon pembeli. Namun seperti kebanyakan alas an mengapa sebuah perusahaan membangun e-commerce yaitu karena demi menjangkau pelanggan yang lebih luas maka memerlukan sebuah strategi baru agar tetap dapat bertahan dalam persaingan bisnis yang semakin ketat.

Konsep

Terdapat banyak merk notebook dengan segala tipenya yang di sediakan dalam web ini. Sama seperti web e-commerce kebanyakan, tampilan sebuah barang dan detilnya ditampilkan dalam bentuk catalog dari masing-masing merk. Dalam pembangunan web ini terdapat pula menu-menu yang dapat diakses oleh pengunjung agar dapat menjelajah lebih jelas seperti Menu “New Notebook” yang menampilkan tipe-tipe terbaru notebook secara update, Menu “Contact Us” yang merupakan menu yang dapat digunakan agar pengunjung dapar menghubungi pihak penjual entah lewat telepon, email ataupun live chat, Menu “Testimonial” untuk membaca testi dari beberapa pengunjung yang pernah membeli barang dari perusahaan ini, dan lain-lain. Update barang juga dilakukan untuk memperbarui notebook terbaru.

Secara keseluruhan tampilan web ini cukup menarik. Pengunjung yang menjelajahi web ini dapat merasakan kepuasan atas info yang di tampilkan. Namun menu ataupun fitur yang ditampilkan tergolong standar.

CMS

Dalam web ini saya kurang mengetahui jelas tentang CMS apa yang digunakan dikarenakan keterbatasan pengetahuan. Namun, sejauh penganalisaan saya terdapat penggunaan java script selain penggunaan php dalam pembangunan web ini.

Payment

Pihak Warung Notebook menyediakan beberapa fasilitas pembayaran yaitu dengan cara transfer via rekening (Mandiri dan BCA), Delivery ataupun COD (Cash On Delivery). Untuk Via Rekening, setelah pembayaran selesai maka barang di kirim menggunakan jasa layanan antar barang.

Security

Dalam hal nya pembayaran, keamanan dalam sistem pembayaran dan antar barang tergolong sangat aman. Kesalahan hanyalah mungkin terdapat pada kesalahan calon pembeli dalam penulisan rekening yang salah dan kesalahan penulisan alamat bila barang diantar. Apabila calon pembeli takut menghadapi kesalahan tersebut, masih ada layanan COD (Cash On Delivery) yang dapat diminta oleh calon pembeli.



No Responses Yet to “E-Commerce dan E-Bussiness”

  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: