Business Content Development (BCD)

12Jan11

Halaman web yang menarik tentunya dapat menarik pengunjung yang berkunjung didalam suatu web. Faktor inilah yang perlu menjadi pertimbangan sebuah perusahaan dalam menggunakan web sebagai media promosi dalam menjajakan produknya. Oleh karena diperlukan Business Content Management inilah yang mendasari perusahaan dalam mewujudkannya. Konten disini menyangkut periperal sebuah halaman web yang dapat membantu pengunjung untuk terlibat dalam sebuah blog, majalah online, newsletter, maupun toko online. Konten inilah yang akan membawa dampak baik dari segi positif maupun negatif tergantung dari pemikiran dan tujuan si pengunjung. Tujuannya adalah agar pengunjung atau user dapat lebih tertarik dengan web tersebut. Perkembangan konten seiring perkembangan dari suatu trend maupun mode dalam sehari – hari, sehingga beberapa kalangan memanfaatkan keadaan yang ada agar menjadi bisnis yang menjanjikan.

Di sini terdapat berbagai jenis konten yang telah diklasifikasikan, yaitu :

Berdasarkan Media

1. Text-based Content:

Konten berbasis text seperti yang ada di wikipedia.org, ilmukomputer.com, dsb. Konten berbasis text lebih cepat dibuat dan dipublish melalui Internet karena ukuran file relatif lebih kecil.

2. Multimedia-based Content:

Konten berbasis multimedia, baik itu multimedia linier (seperti film dan video yang berjalan sekuensial dan garis lurus) maupun multimedia interaktif (seperti multimedia pembelajaran yang memungkinkan kita menggunakan mouse, keyboard untuk mengoperasikannya). Konten berbasis multimedia relatif lebih memerlukan waktu dan cost dalam pembuatan maupun publikasinya di Internet, dikarenakan ukuran filenya yang relatif besar.

Berdasarkan Tingkat Kemanfaatan

1. Data:

Sesuatu yang tidak membawa arti, bersifat mentah dan merupakan kumpulan dari fakta-fakta tentang suatu kejadian. Bisa juga merupakan suatu catatan terstruktur dari suatu transaksi, dan boleh dikatakan materi penting dalam membentuk informasi.

2. Informasi:

Kompilasi dari data. Informasi memiliki arti, relevansi dan juga tujuan. Transformasi data menjadi informasi adalah dengan menambahkan “nilai“. Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sesuatu yang membawa arti

3. Pengetahuan:

Gabungan dari suatu pengalaman, nilai, informasi kontekstual dan juga pkitangan pakar yang memberikan suatu framework untuk mengevaluasi dan menciptakan pengalaman baru. Bisa berupa solusi pemecahan suatu masalah, petunjuk suatu pekerjaan dan ini bisa ditingkatkan nilainya, dipelajari dan juga bisa diajarkan kepada yang lain.

Saya memberikan penjelasan beserta contoh yang menarik bagaimana sebuah transformasi dari data-informasi-pengetahuan bisa terjadi, dan bahkan transformasi berikutnya dari pengetahuan sebenarnya adalah wisdom (kebijakan). Saya juga akan bahas masalah ini secara mendetail di posting lainnya.

Berdasarkan Lisensi

1. Open Content:

Segala jenis hasil kerja kreatif yang dipublikasikan dalam suatu format (lisensi) yang memungkinkan pihak lain (individu, perusahaan, organisasi) untuk memperbanyak dan memodifikasi informasi didalamnya. Hak cipta dalam open content tetap ada, tapi lisensi memungkinkan orang lain bebas untuk menggunakan dan memodifikasinya. Jenis lisensi open content diantaranya adalah: GNU Free Documentation License (GFDL), Creative Common License, Open Content License (OPL) dan Open Directory License (ODL).

2. Proprietary Content:

Segala jenis hasil kerja kreatif yang dipublikasikan dalam suatu format (lisensi) dengan berbagai batasan dalam penggunaan, modifikasi, atau memperbanyak. Lisensi proprietary content biasanya dalam bentuk royalti (uang) ke pemilik hak ciptanya. Perlu dicatat bahwa meskipun sebuah proprietary content menyatakan sebuah produk adalah free content, tapi belum tentu produk itu free for (redistribute) atau free for modify.

Pentingnya konten dalam sebuah website dapat memenuhi kebutuhan pengembangan isi (content) website bagi website Anda.
Layanan konten meliputi: 

1. Penulisan Artikel atau Berita (copywriting)
Jika Anda membutuhkan artikel atau berita untuk memperkaya konten website Anda, maka Anda akan memerlukan layanan ini.

·         Tata bahasa yang baik dan benar.
·         Menggunakan gaya bahasa yang profesional sesuai dengan tema dari tulisan yang dibuat.
·         Berasal dari sumber yang dapat dipercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.
2. Penulisan E-zine
E-zine, atau electronic magazine, merupakan layanan yang membantu Anda untuk mempublikasikan tulisan Anda dalam bentuk digital. Sehingga membutuhkan biaya yang lebih murah dan dapat diakses oleh seluruh dunia. 

3. Penulisan Newsletter
Newsletter akan mempererat hubungan Anda dengan klien atau mitra Anda. Oleh karena itu kami menyediakan layanan penulisan newsletter yang berkualitas dan informatif untuk memenuhi kebutuhan Anda.

4. Pembuatan media untuk banner iklan
Media yang dihasilkan berupa gambar statis, gambar bergerak, animasi flash dan sebagainya

Sumber :


No Responses Yet to “Business Content Development (BCD)”

  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: