Social Network Business (SNB)

12Jan11

Jaman era digital seperti saat sekarang ini memang dapat memudahkan manusia dalam melakukan segala kegiatan sehari-sehari, dalam hal ini yaitu bagaimana kita bisa berkomunikasi atau membuat sebuah jaringan pertemanan yang luas. Oleh karena itu lah hadir sebuah fasilitas internet jejaring social seperti yang kita kenal sekarang. Dimana kita dengan mudah dapat membuat sebuah jaringan perteman hanya dengan duduk manis di depan sebuah pc ataupun laptop kita bisa mendapat teman baru. Teman yang didapat bisa berasal dari luar daerah ataupun luar negeri, bahkan bisa kembali mempertemukan teman lama. Dalam pengelolaannya, fasilitas jejaring social ini dikenal dengan Social Network Business (SNB). Bisnis jejaring social memanglah sedang trend dalam beberapa tahun ini, terbukti dengan banyaknya jenis jejaring social yang hadir di dunia maya. Dalam perkembangannya bisnis jejaring social kin mencakup sebuah iklan didalamnya. Tujuannya tak lain yaitu ingin memasarkan produk yang diiklankan.

Sejarah

Kemunculan situs jejaring sosial ini diawali dari adanya inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia.

Situs jejaring sosial pertama, yaitu Sixdegrees.com mulai muncul pada tahun 1997. Situs ini memiliki aplikasi untuk membuat profil, menambah teman, dan mengirim pesan. Tahun 1999 dan 2000, muncul situs sosial lunarstorm, live journal, Cyword yang berfungsi memperluas informasi secara searah. Tahun 2001, muncul Ryze.com yang berperan untuk memperbesar jejaring bisnis. Tahun 2002, muncul friendster sebagai situs anak muda pertama yang semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh. Dalam keanjutannya, friendster ini lebih diminati anak muda untuk saling berkenalan dengan pengguna lain. Tahun 2003, muncul situs sosial interaktif lain menyusul kemunculan friendster, Flick R, You Tube, Myspace. Hingga akhir tahun 2005, friendster dan Myspace merupakan situs jejaring sosial yang paling diminati.

Memasuki tahun 2006, penggunaan friendster dan Myspace mulai tergeser dengan adanya facebook. Facebook dengan tampilan yang lebih modern memungkinkan orang untuk berkenalan dan mengakses informasi seluas-luasnya. Tahun 2009, kemunculan Twitter ternyata menambah jumlah situs sosial bagi anak muda. Twitter menggunakan sistem mengikuti – tidak mengikuti (follow-unfollow), dimana kita dapat melihat status terbaru dari orang yang kita ikuti (follow)

Kelebihan

Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan telepon. Selain itu, dengan adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat.

Kekurangan

Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis.  Di lain pihak, kemunculan situs jejaring sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang berlebihan dan terganggunya privasi seseorang

Konsep

Situs jejaring sosial cenderung memiliki beberapa fitur konvensional, seperti pengguna dapat membuat profil yang berisi informasi tentang diri mereka sendiri, dapat mengupload foto untuk profil mereka maupun yang ingin dijadikan album, posting blog untuk dibaca oleh orang lain dan dapat memberikan komentar, mencari (searching) pengguna lain dengan maksud untuk menjadi teman, dan untuk melindungi privasi pengguna, jaringan sosial biasanya memiliki kontrol yang memungkinkan pengguna untuk memilih siapa saja yang dapat melihat profil mereka, yang menghubungi mereka, menambahkan sebagai daftar kontak mereka, dan sebagainya. Dan sekarang situs jejaring sosial ini telah banyak dijadikan sebagai organisasi untuk membuat profil yang mengiklankan barang dan jasa. Dalam situs jejaring sosial saat ini juga ditanamkan fitur tambahan seperti membuat grup atau kelompok-kelompok atau komunitas yang memiliki kepentingan serta tujuan yang sama. Fitur lainnya seperti, mengupload video streaming, dan melakukan diskusi forum.

Contoh : WWW.TWITTER.COM

Twitter didirikan oleh 3 orang yaitu Jack Dorsey, Biz Stone, dan Evan Williams pada bulan Maret tahun 2006. Dan baru diluncurkan bulan Juli ditahun yang sama. Twitter adalah jejaring sosial dan micro-blogging dimana kita sebagai pengguna dapat memberikan informasi update (perbaruan) informasi tentang diri kita, bisnis dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang sudah biasa dengan dunia blog tentunya paham bahwa kita dapat menuliskan artikel ke dalam blog kita. Namun jangan membayangkan bahwa Twitter juga dapat melakukan hal tersebut secara bebas namun disinilah uniknya Twitter. Kita hanya dibatasi 140 karakter untuk menuliskan artikel, tidak bisa gambar dan video. Oleh karena itulah makanya Twitter digolongkan ke dalam jenis micro-blogging. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa orang Indonesia kurang menyukai jenis micro-blogging. Tapi justru itulah letak kekuatan dan kehebatan dari Twitter. Tapi jangan anggap enteng dulu Twitter, saat ini orang Indonesi sudah sangat banyak dan semakin bertambah.

Khusus buat Anda yang menjalankan bisnis online via Internet akan dapat memanfaatkan Twitter sebagai media promosi gratis yang cukup efektif, terutama apabila Anda bermain bisnis afiliasi dimana Anda butuh trafik kunjungan yang signifikan menuju blog Anda.

sumber :

wikipedia.com



No Responses Yet to “Social Network Business (SNB)”

  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: